Minggu, 16 Maret 2014

SmartHome



Smart Home

Pernah terbesit dalam angan kita, rumah yang dapat kita kendalikan dari jarak jauh? Pada jaman yang serba canggih ini rumah seperti itu dapat kita temui, bahkan rumah kita sendiri dapat kita buat seperti itu.
Mungkin sistem ini sudah ada yang membuat dan mempostingnya sebelumnya. Tetapi disini saya hanya ingin ikut berbagi ide saya.
Alat pertama yang ada dalam ide saya adalah alat kontrol dan monitoring suhu ruangan, yang mengunakan AC/pendingin ruangan tentunya. Saya menggunakan teknologi smartphone untuk alat monitoring suhu ruangan dan kontroling untuk AC-nya. Sebelumnya saya pasang sensor suhu pada kamar yang terdapat juga AC di dalamnya. Kemudian di AC tersebut juga terpasang sensor untuk nantinya dapat kita kendalikan dari jarak jauh. Saya buat aplikasinya untuk smartphone yang saya gunakan. Karena sensor-sensor tersebut saya kendalikan dari jarak jauh, saya harus mengkoneksikan sensor dan smartphone ke internet. Oke sekarang saya jalankan alatnya.
Ketika saya pulang dari kantor, saya menginginkan kamar saya sudah dalam keadaan dingin. Jadi ketika saya masuk kamar tidak perlu menunggu suhunya dingin. Saya operasikan smartphone saya untuk melihat suhu di kamar saya. Data yang saya terima dari sensor yang sudah terpasang berupa grafik suhu real-time. Setelah mengetahui suhunya, dan di dapat suhunya tinggi, maka saya operasikan kontrol AC-nya dengan aplikasi yang sudah terintegrasi antara samartphone dengan sensor yang ada pada AC kamar. Klik... AC kamar otomatis menyala. Sesampainya saya di rumah, saya masuk kamar, dan mengetahui kamar saya telah dingin dan siap untuk saya gunakan bersantai.
Alat ini juga bisa saya gunakan pada alat elektronik lain. Misal, pemanas  air. Ketika dalam perjalanan pulang, saya memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air yang akan saya gunakan untuk mandi. Kemudian saya operasikan. Dan sesampainya di rumah, air sudah panas dan siap saya gunakan.
Sekian sedikit ide dari saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar